selamat datang di blog Hadi

glory glory glory glory!!

entrepreneurship onibiku

ONIBIKU
DiajukanUntukMemenuhiSyaratPenilaian Mata Kuliah ENTREPRENEUR Semester II


Di susunoleh :
AdiNugrahaIrman
AlamsSetiadi
HadiMulyapratama Putra
HandiInsafri
NiarAdisti Putra
Nick PratamaSamuel
Nurdin
NurRachmaRiskiKurniaPutri
Paryono
RatnaAnggraini

Alamat:Jl.Merawan 6 No 137, RT10/07 DepokTimurDalam, Kec.Bakti Jaya, Kel. SukmaJaya, Telp : 085781717012, Email:qyuukun@gmail.com



KATA PENGANTAR
Rasa syukur kami sampaikankehadirat Allah yang mahapengasihlagimahapenyayang, karenaberkatrahmatdankarunia-Nyaperusahaan yang kami idam-idamkandapatberdirisesuaidenganharapan kami.Dalammakalahini kami inginmembahastentangperusahaan kami dengansegalaaspekdidalamnya  yangberkaitantentangsebuahmakanan yang kami berinama “ONIBIKU”. Makanantersebutmerupakanpanganan yang mempunyaikelas di antaramakanan-makanan yang lainnya di indonesiadikarenakanmakanantersebutmempunyaikomposisigizi, protein, karbohidratdan vitamin.
            Makalahini kami buatgunauntukmemaparkanperusahaan yang kami buatdengansegalaaspekdidalamnya yang berkaitandenganmakanan yang kami produksisebagaitolakukurperusahan kami dansebagaitugas semester.
            Dalamperosespembangunandanproduksiperusahaan yang kami buattentunya kami mendapatbimbingan, arahan, koreksidan saran daripihak-pihak yang telahmendukung kami baikdarisegimorilmaupunmateril.Untukitu rasa terimakasih kami ucapkansedalamdalamnyakepada:
1.      Lady Diana WarpindyastutiSE  selakudosen Entrepreneur.
2.      Keluarga kami ygmemberidukunganmorildanmateril.
3.      Rekan-rekan kamiseperjuanganTeknikKomputer 2012-2015.
Kami menyadaridalamperosespembuatanmakalahinibanyakterdapatkekurangan, sehinggakritikdan saran sangat kami harapkan demi kesempurnaannyamakalah kami.
            Demikianmakalahini kami buatsemogaapa- apa yang kami buatdapatmenjadimanfaatbaiksekarangatau pun dimasa yang akandatang, amin.

           
                                                            Depok, 21 Mei 2013

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
            PENDAHULUAN
a.       Umum ……………………………………………………………….......... 1    
b.      Khusus……………………………………………………………….......... 1                
c.       SistematikaPenulisan……………………………………………………...  2
d.      Profil Perusahaan…………………………………………………….......... 2

BAB II
            ANALISA USAHA
a.       PerspektifMasaDepan Usaha…………………………………………….    3
b.      AnalisaPersaingan…………………………………………………………  3
c.       SegmenPasar Yang Dimasuki…………………………………………….   3

BAB III
            DESKRIPSI TENTANG USAHA
a.       Produk Yang Dihasilkan………………………………………………….   4
b.      JasaPelayanan…………………………………………………………….   4
c.       RuangLingkup Usaha……………………………………………….........   5
d.      ProfilPengelola……………………………………………………………   5


BAB IV
            RENCANA PRODUKSI DAN PEMASARAN
a.       Proses Produksi……………………………………………………………  6
b.      Alat Dan SumberBahan…………………………………………………...  6
c.       PenetapanHarga……………………………………………………………7
d.      PelakuDistribusi…………………………………………………...............  8
e.       Promosi Dan PengembanganProduk……………………………………...  8
f.       MasalahProduk……………………………………………………………  9
g.      AlternatifMasalah…………………………………………………………  9

BAB V
            IMPLEMENTASI…………………………………………............................ 10

BAB VI
            KESIMPULAN……………………………………………………………… 11

LAMPIRAN





BAB I
PENDAHULUAN
A.    UMUM
Seperti yang kita ketahui sebelumnya, di Indonesia terutama di kota-kota besar sudah banyak usaha yang bergerak dibidang kuliner atau makanan dari negeri Jepang.Ini mungkin dapat dimaklumi dikarenakan budaya Jepang sudah tidak asing bagi sebagian penduduk Indonesia.Diantara sekian banyak makanan yang berasal dari Jepang terdapat makanan sederhana yang umum dikonsumsi oleh orang Jepang dilihat dari segi bahan yang dipergunakan maupun dari cara pembuatannya. Walaupun sederhana namun mengandung nilai gizi yang tinggi.

B.     KHUSUS
Onigiri adalah sebuah makanan yang berasal dari Jepang berbahan dasar nasi sebagai bahan utama, nori atau lembaran rumput laut sebagai lapisan diluar dengan bahan ikan sebagai isian yang umum digunakan, yang banyak dikonsumsi tidak hanya kalangan dewasa tapi juga menjalar keseluruh batasan usia yang membuat makanan tersebut meroket mengalahkan makanan-makanan di Indonesia. Onigiri dibuat dengan cara mengepalkan nasi yang sudah diberi isian ikan dengan tangan lalu dilapisi dengan lembaran nori dibagian luar. Atas dasar survei dari kacamata masyarakat maka kami akan berinovasi dengan onigiri. Dengan  cara memadukan seni dan selera lidah Indonesia agar tidak hanya masyarakat modern saja yang dapat mengkonsumsi makanan tersebut, sehingga kesempatan kami selaku pelaku usaha dapat memperoleh keuntungan yang lebih banyak dan menekan kerugian seminimal mungkin dengan perpaduan tersebut.


C.    SITEMATIKA PENULISAN
Adapun sistematika penulisan sebagai berikut:
Bab satu diawali dengan pendahuluan, umum, khusus, sistematika penulisan dan          diakhiri denganprofil usaha.
Bab dua berkaitan dengan analisa usaha, perspektif masadepan usaha, analisa persaingan, dan segmen pasar yang dimasuki.
Bab tiga membahas tentang produk yang dihasilkan, jasa pelayanan, ruang lingkup usaha dan profil pengelola.
Bab empat mencakup tentang rencana produksi dan pemasaran, proses produksi, alat dan sumber bahan, penetapan harga, pelaku distribusi, promosi dan pengembangan produk, masalah produksi dan alternatif masalah.
Bab lima berisikan implementasi tentang perusahaan.
Bab enam berisikan kesimpulan dan lampiran.

D.    PROFIL USAHA

     Onigiri adalah sebuah makanan khas jepang yang terdiri dari beras ketan, ikan atau daging atau yang lainnya dan rumput laut yang telah melalui peroses pematangan yang khusus sehingga tidak menghilangkan vitaminnya, dibuat dengan cara meletakan ikan atau yang lainnya diatas nasi ketan yang telahdilapisi dengan rumput laut(nori)  kemudian jadilah makanan yang kami produksi yang kami beri nama “ONIBIKU”. Onibiku adalah buah cinta dari keseriusan dan ketekunan yang kami jalani dengan rasa kesungguhan tanpa mengenal kata menyerah karena “ hidup adalah proses, hidup adalah belajar, tanpa ada batas umur tanpa ada kata tua”. “ jatuh berdiri lagi , kalah mencoba lagi, gagal bangkit lagi, NEVER GIVE UP, sampai tuhan berkata “ WAKTUNYA PULANG”.

BAB II
ANALISA USAHA
A.    PERSPEKTIF USAHA
Kami percaya,apa yang kami jalani sebagai pelakuusaha akan mendapat tempat dihati masyarakat yang tak tebatas usia dan membuahkan hasil yang sesuai dengan harapan kami semua. Tentunya dengancara memadukan beberapa seni dan variasi rasa yang bersahabat dengan lidah masyarakat Indonesia, serta mengemasnya dengan menarik. Tentunya jika semuanya terlaksana prospek kedepannya akan lebih banyak menghasilkan pundi-pundi rupiah.

B.     ANALISA PERSAINGAN
       Sejauh kami memandang dari berbagai sudut pandang yang berbeda, kami mempunyai pesaing-pesaing bisnis makanan yang sudah lebih dahulu cocok dengan lidah masyarakat Indonesia seperti gorengan, pem-pek, cakwe dan lain-lain. Selain itu harga menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kalangsungan produksi kami, yang notabene lebih cenderung mendapat kesan mahal karena nama dan asal makanan tersebut .Sehingga masyarakat lebih condong membeli makanan yang lebih Indonesia. Maka dari itu kami akan mengkonsep dan mempromosikan makanan kami agar tidak mendapat label mahal dari masyarakat.
C.    SEGMEN PASAR YANG DIMASUKI
       Dalam hal ini kami tidak melakukan batasan-batasan dalam menentukan target pasar yang akan kami rambah, karena makanan kami ini adalah makanan yang cocok untuk semua kalangan baik itu mereka para pelajar, mahasiwa ataupun para pekerja.Dengan demikian keuntungan yang kami dapat adalah tidak terbatasnya umur dan profesi bagi usaha kami.

BAB III
DESKRIPSI TENTANG USAHA

A.    PRODUK  YANG DIHASILKAN
Dalam hal ini kami mengangkat usaha tentang sebuah makanan yang berasal dari luar daerah Indonesia, yaitu Onigiri.Onigiri adalah makanan yang berasal dari daerah Jepang. Onigiri ini kami buat atas dasar kelengkapan gizi yang tersaji dalam sebuah makanan yang kami produksi, selain vitamin E ada juga berbagai komposisi yang tersaji di setiap takarnya yaitu karbohidrat, protein hewani dan protein nabati.
Dengan demikian produksi yang kami hasilkan telah memenuhi aspek kelengkapan gizi pada setiap takar penyajianya, oleh sebab itu kami berkeyakinan bahwa produk makanan yang kami hasilakan akan di terima oleh para konsumen.


B.     JASA PELAYANAN
Prusahaan yang kami dirikan mempunyai perinsip kepuasan pelanggan adalah nialai plus bagi makanan yang kami produksi, dalam hal ini kami menyediakan sebuah layanan garansi khusus jika terjadi ketidak puasan dalam makanan yang kami produksi.Kami memberikan sebuah layanan penggantian makanan jika makanan tersebut menjadi tidak layak di konsumsi atau membahayakan bagi tubuh.
Dan kami pun menyediakan layanan pemesanan bagi pelanggan yang berminat akan onigiri yang kami produksi tentunya dengan sarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk pemesanan dapat menghubungi staf kami secara langsung atau melalui telpon seluler dengan nomor “ 083807589038” untuk mebicarakan hal yang berkait dengan pemesanan.

C.    RUANG LINGKUP USAHA
Mengingat makanan yang kami hasilkan adalah sebuah makanan yang mempunyai kelas diantara makanan yang ada disekitar kita, namun kami melakukan inovasi dengan seni dan bahan-bahan yang lebih Indonesia.Sehingga kami mempunyai ruang lingkup yang luas dalam peroses pemasaran produk kami, tidak hanya dikalangan mahasiswa, anak sekolah, atau khalayak umum, namun dikarenakan kami lebih banyak beraktifitas dalam ruang lingkup mahasiswa maka kami lebih condong memasarkan peroduk diwilayah perkampusan.

D.    PROFIL PENGELOLA
Dalam perusahaan kami mempunyai jajaran direksi sebagai berikut:Text Box: Adi Nugraha
(Produksi & Pemasaran)
Text Box: Niar Adisty
(Produksi & Pemasaran)
Text Box: Nur Rachma
(Produksi & Pemasaran)
Text Box: Handi Insafri
(Produksi & Pemasaran)
Text Box: Nurdin
(R N D)
Text Box: Hadi Mulyapratama
(Manager Pemasaran)


Text Box: Paryono
(Manager Keuangan)
Text Box: Ratna Anggraini
(Sekretaris)
Text Box: Nick Pratama
(General Manager)
Alams Setiadi
(Direktur)
 

BAB IV
RENCANA PRODUKSI DAN PEMASARAN
A.    PROSES PRODUKSI
       Onigiri yang kami ciptakan sedikit berbeda dengan onigiri lain karena dalam proses produksi kami menggunakan sarung tangan plastik agar tidak bersentuhan langsung dengan nasi atau  lebihhigienis. Begitu pula saat mengepalkan nasi kami tidak mengepal dengan tangan secara langsung melainkan dengan menggunakan alat untuk mencetak nasi tersebut.

B.     ALAT DAN SUMBER BAHAN

       Dalam proses pembuatan onigiri yang kami produksi kami menggunakan alat-alat pribadi yang biasa digunakan untuk memasak diantaranya :
1.      Rice cooker untuk menanak nasi
2.      Panci untuk mencuci beras
3.      Kuali untuk menumis isi onigiri
4.      Sendok untuk proses pencetakan
5.      Mangkok untuk menaruh isi onigiri
6.      Nampan untuk meletakkan hasil onigiri
        Adapun sumber bahan pembuatan onigiri yang kami produksi kami dapatkan dari berbagai suplayer yang menyediakan semua bahan yang kami butuhkan diantaranya :
1.      Minimarket
2.      Agen beras
3.      Pedagang sayur

C.    PENETAPAN HARGA
       Dalam menetapkan harga kami menetapkan dari:

No
Bahan
Harga Satuan
(Dalam Rupiah)
Jumlah Beli
Total
(Dalam Rupiah)
1
Beras
8000/liter
2
16000
2
Beras Ketan
12000/liter
1
12000
3
Nori
1000/bungkus
50
50000
4
Sarung tangan plastik
8000/box
1
8000
5
Boncabe
10000/botol
1
10000
6
Masako
500/bungkus
6
3000
7
Cetakan
700/buah
10
7000
8
Ayam
24000/ekor
½
12000
9
Lada
4000/bungkus
1
4000
10
Aqua gallon
13000/galon
1
13000
11
Sarden
10000/kaleng
1
10000
TOTAL
145.000


Dengan modal sebesar itu, kami dapat memproduksi onigiri sebanyak 150 buah onigiri. Dengan rumusan sebagai berikut:
Ut = ( jo x hr) – mp
Keterangan:
Ut=untung           Hr = harga

Jo =  jumlah onigiri                                          Mp= modal produksi
Ut = ( jo x hr) – mp
    = ( 150 x 1500)-145.000
   = (150 x 1500) – 145.000
   = 225.000 – 145.000
  = 80.000>>keuntungan
Untuk itu onigiri dapat dijual dengan harga terjangkau bagi kalangan masyarakat.Itulah kalkulasi modal yang kami cantumkan dalam pembuatan onigiri yang kami produksi.

D.    PELAKU DISTRIBUSI

       Dalam pendistribusiannya semua anggota di perusahaan turut serta dalam peroses pendistribusian. Agar apa yang kami rencanakan dapat terrealisasikan dengan baik. Dan yang lebih utama agar semua dapat merasakan apa yang di rasakan oleh bagian pemasaran sehingga mempunyai dampak postif pada kinerja semua bagian perusahaan.

E.     PROMOSI DAN PENGEMBANGAN PRODUK

       Dalam hal ini kami selaku pemilik usaha melakukan promosi via online dan offline untuk onigiri yang kami produksi .untuk online dapat dilihat melalui website kami di onibiku-genjutsu@blogspot.comSementara untuk offline kami memasarkannya langsung pada konsumen dengan slogan “ Kesuksesan Berawal Dari Perut”
Dalam hal pengembangan produksi kami melakukan inovasi dengan memperkecil bentuk hingga mudah di terima oleh kantong masyarakat dan dengan memperkaya variasi rasa.

F.     MASALAH PRODUKSI

       Dalam perusahaan yang kami kelola, kami mengalami kendala dalam segi waktu dan komposisi bahan dasar dalam pembuatan onigiri tersebut. Dalam segi waktu kami mempunyai kendala yaitu belum sadarnya akan tanggung jawab terhadap perusahaan, sehingga salah satu peroses produksi mengalami hambatan yang mengganggu kelang sungan hidup perusahaan.
       Belum tercapainya komposisi yang tepat untuk membuat sebuah onigiri yang sesuai dengan bentuk yang kami harapkan.Itulah yang menjadi kendala kami dalam peroses pembuatan onigiri.

G.    ALTERNATIF MASALAH

       Penaggulangan dalam masalah yang kami hadapi adalah dengan penerapan system denda pada setiap anggota yang tidak berkenan hadir tanpa alasan dalamsetiap aspek proses produksi. Hal ini kami terapkan agar tumbuhnya rasa tanggung jawab akan perusahaan yang kami buat. Kemudian untuk masalah komposisi bahan kami mendapat reverensi dan saran dari berbagai pihak akan apa yang kami produksi, yaitu dengan cara menambahkan agar-agar secukupnya dengan perbandingan beras tentunnya.
BAB V
IMPLEMENTASI

Kenyataan yang kami hadapi dalam setiap produksi dan pemasaran adalah kurangnya minat masyarakat terhadap onigiri yang kami buat, bahkan ada sebagian masyarakat yang belum mengenal apa itu onigiri, yang menyebabkan hal itu adalah kurangnya pengetahuan tentang makanan luar negri yang mendunia khususnya Onigiri.
Selain itu onigiri sudah lama menyandang lebel makana mahal dalam masyarakat yang biasa mereka jumpai pada restaurant dan pada layar televisi.Oleh karena itu kami sebagai pelaku usaha wajib mempersentasiakan dahulu pada khalayak umum, tentang sebuah makan khas Jepang yang kami produksi sebagai makanan yang bercitarasa khas dan tentunya lebih bersahabat dengan lidah masyarkat Indonesia.Serta lebih ekonomis dari kebanyakan onigiri pada umumnya.
Setelah produksi dan pemasarannya berlangsung, teryata apa yang kami khawatirkan tidaklah terjadi, kenapa..?? Karena fakta yang kami jumpai pada penjualan pertama adalah  kesan baik yang mendera makanan yang kami produksi tentunya dengan perasaan bangga dan senyum cita kami syukuri hal tersebut.
Dalam peroses produksi yang telah berjalan kami mendapatkan fakta  terhadap presentasi harga dipasaran, yang mempunyai selilisih cukup signifikan dibanding rencana yang telah kami tetapkan , dengan tabel sebagai berikut:

No
Bahan
Harga Satuan
(Dalam Rupiah)
Jumlah Beli
Total
(Dalam Rupiah)
1
Beras
8000/liter
3
24000
2
Beras Ketan
12000/liter
1
12000
3
Nori
1000/bungkus
50
50000
4
Agar-agar
3000/sachet
2
6000
5
Sarung tangan plastic
8000/box
1
8000
6
Boncabe
10000/botol
1
10000
7
Masako
500/bungkus
6
3000
8
Bubuk perasa
36000/kg
¼
9000
9
Cetakan
700/buah
10
7000
10
Box Plastik
150/buah
30
4500
11
Ayam
24000/ekor
½
12000
12
Lada
4000/bungkus
1
4000
13
Gas 3kg
15000/tabung
1
15000
14
Baso
5000/pack
1
5000
TOTAL
169.500

Dengan modal sebesar itu, kami dapat memproduksi onigiri sebanyak 150 buah onigiri. Dengan rumusan sebagai berikut:
Ut = ( [jo/pk] x hr) – mp
Keterangan:
Ut = untung. Jo =  jumlah onigiri.
Pk = pack.                                   Hr = harga

Ut = ( [jo/pk] x hr) – mp
    = ([ 150/3] x 5000)-169.500
   = (50 x 5000) – 169.500
   = 250.000 – 169.500
  = 80.500>>keuntungan/50 paket
= 80.500/150 = 536 keuntungan/pcs

Untuk itu onigiri dapat dijual dengan harga terjangkau bagi kalangan masyarakat.Itulah kalkulasi modal yang kami cantumkan dalam pembuatan onigiri yang kami produksi.





PRODUKSI



PEMASARAN













BAB VI
KESIMPULAN
Seiring dengan berjalannya waktu kami mendapat kesimpulan bahwa:
setiap produksi yang kami hasilkan wajib dilandasi atas dasar kejujuran, ketekunan, ketulusan, cinta terhadap prduksi, komitmen dan tanggung jawab akan apa yang telah dimulai dengan mimpi dan harapan. Sehingga apa yang kami rencanakan dapat terwujud secara nyata tanpa aspek kebohongan dalam setiap proses pengelolaannya.
            Kami percaya setiap apa yang kami mulai dengan positif, akan menghasilkan buah yang positif pula. Meski setiap proses yang kami jalani tidaklah semulus dengan apa yang kami rencanakan. Namun kami percaya dengan kesungguhan dan tangung jawab kami akan bisa melewati setiap halangan yang datang bersama-sama tanpa mementingkan idealisme pribadi.
            Secara tidak langsung proses demi proses yang kami lalui mebuat kami lebih menjadi dewasa dalam hal pola pikir, sikap, tangungjawab dan kerjasama team yang sangat berharga bagi kehidupan pribadi kami. Tentunya kami sebagai manusia merasa sangat bersyukur akan apa yang telah dianugrahkan pada kami sehingga melalui perantara tugas entrepreneur kami dapat mengenal diri pribadi dan mengenal teman-teman dengan jalinan persaudaraan satu dengan lainnya.


0 komentar:

Posting Komentar