ONIBIKU
DiajukanUntukMemenuhiSyaratPenilaian Mata
Kuliah ENTREPRENEUR Semester II
Di susunoleh :
AdiNugrahaIrman
AlamsSetiadi
HadiMulyapratama Putra
HandiInsafri
NiarAdisti Putra
Nick PratamaSamuel
Nurdin
NurRachmaRiskiKurniaPutri
Paryono
RatnaAnggraini
Alamat:Jl.Merawan 6 No 137, RT10/07
DepokTimurDalam, Kec.Bakti Jaya, Kel. SukmaJaya, Telp : 085781717012, Email:qyuukun@gmail.com
KATA PENGANTAR
Rasa syukur kami sampaikankehadirat Allah yang
mahapengasihlagimahapenyayang, karenaberkatrahmatdankarunia-Nyaperusahaan yang
kami idam-idamkandapatberdirisesuaidenganharapan kami.Dalammakalahini kami inginmembahastentangperusahaan
kami dengansegalaaspekdidalamnya
yangberkaitantentangsebuahmakanan yang kami berinama “ONIBIKU”.
Makanantersebutmerupakanpanganan yang mempunyaikelas di antaramakanan-makanan
yang lainnya di indonesiadikarenakanmakanantersebutmempunyaikomposisigizi,
protein, karbohidratdan vitamin.
Makalahini kami
buatgunauntukmemaparkanperusahaan yang kami buatdengansegalaaspekdidalamnya
yang berkaitandenganmakanan yang kami produksisebagaitolakukurperusahan kami
dansebagaitugas semester.
Dalamperosespembangunandanproduksiperusahaan
yang kami buattentunya kami mendapatbimbingan, arahan, koreksidan saran
daripihak-pihak yang telahmendukung kami
baikdarisegimorilmaupunmateril.Untukitu rasa terimakasih kami
ucapkansedalamdalamnyakepada:
1. Lady
Diana WarpindyastutiSE selakudosen
Entrepreneur.
2. Keluarga
kami ygmemberidukunganmorildanmateril.
3. Rekan-rekan
kamiseperjuanganTeknikKomputer 2012-2015.
Kami menyadaridalamperosespembuatanmakalahinibanyakterdapatkekurangan,
sehinggakritikdan saran sangat kami harapkan demi kesempurnaannyamakalah kami.
Demikianmakalahini kami
buatsemogaapa- apa yang kami buatdapatmenjadimanfaatbaiksekarangatau pun dimasa
yang akandatang, amin.
Depok,
21 Mei 2013
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
a.
Umum
……………………………………………………………….......... 1
b.
Khusus……………………………………………………………….......... 1
c.
SistematikaPenulisan……………………………………………………... 2
d.
Profil
Perusahaan…………………………………………………….......... 2
BAB II
ANALISA USAHA
a.
PerspektifMasaDepan
Usaha……………………………………………. 3
b.
AnalisaPersaingan………………………………………………………… 3
c.
SegmenPasar Yang
Dimasuki……………………………………………. 3
BAB III
DESKRIPSI TENTANG USAHA
a.
Produk Yang Dihasilkan…………………………………………………. 4
b.
JasaPelayanan……………………………………………………………. 4
c.
RuangLingkup
Usaha………………………………………………......... 5
d.
ProfilPengelola…………………………………………………………… 5
BAB IV
RENCANA PRODUKSI DAN PEMASARAN
a.
Proses
Produksi…………………………………………………………… 6
b.
Alat Dan SumberBahan…………………………………………………... 6
c.
PenetapanHarga……………………………………………………………7
d.
PelakuDistribusi…………………………………………………............... 8
e.
Promosi Dan
PengembanganProduk……………………………………... 8
f.
MasalahProduk…………………………………………………………… 9
g.
AlternatifMasalah………………………………………………………… 9
BAB V
IMPLEMENTASI…………………………………………............................
10
BAB VI
KESIMPULAN………………………………………………………………
11
LAMPIRAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.
UMUM
Seperti yang kita ketahui
sebelumnya, di Indonesia terutama di kota-kota besar sudah banyak usaha yang
bergerak dibidang kuliner atau makanan dari negeri Jepang.Ini mungkin dapat
dimaklumi dikarenakan budaya Jepang sudah tidak asing bagi sebagian penduduk
Indonesia.Diantara sekian banyak makanan yang berasal dari Jepang terdapat
makanan sederhana yang umum dikonsumsi oleh orang Jepang dilihat dari segi
bahan yang dipergunakan maupun dari cara pembuatannya. Walaupun sederhana namun
mengandung nilai gizi yang tinggi.
B.
KHUSUS
Onigiri adalah sebuah makanan yang berasal dari
Jepang berbahan dasar nasi sebagai bahan utama, nori atau lembaran rumput laut
sebagai lapisan diluar dengan bahan ikan sebagai isian yang umum digunakan,
yang banyak dikonsumsi tidak hanya kalangan dewasa tapi juga menjalar keseluruh
batasan usia yang membuat makanan tersebut meroket mengalahkan makanan-makanan
di Indonesia. Onigiri dibuat dengan cara mengepalkan nasi yang sudah diberi
isian ikan dengan tangan lalu dilapisi dengan lembaran nori dibagian luar. Atas
dasar survei dari kacamata masyarakat maka kami akan berinovasi dengan onigiri.
Dengan cara memadukan seni dan selera lidah
Indonesia agar tidak hanya masyarakat modern saja yang dapat mengkonsumsi
makanan tersebut, sehingga kesempatan kami selaku pelaku usaha dapat memperoleh
keuntungan yang lebih banyak dan menekan kerugian seminimal mungkin dengan
perpaduan tersebut.
C.
SITEMATIKA
PENULISAN
Adapun sistematika
penulisan sebagai berikut:
Bab satu diawali
dengan pendahuluan, umum, khusus, sistematika penulisan dan diakhiri denganprofil usaha.
Bab dua berkaitan
dengan analisa usaha, perspektif masadepan usaha, analisa persaingan, dan segmen
pasar yang dimasuki.
Bab tiga
membahas tentang produk yang dihasilkan, jasa pelayanan, ruang lingkup usaha
dan profil pengelola.
Bab empat
mencakup tentang rencana produksi dan pemasaran, proses produksi, alat dan
sumber bahan, penetapan harga, pelaku distribusi, promosi dan pengembangan
produk, masalah produksi dan alternatif masalah.
Bab lima
berisikan implementasi tentang perusahaan.
Bab enam
berisikan kesimpulan dan lampiran.
D.
PROFIL
USAHA
Onigiri adalah sebuah makanan khas jepang
yang terdiri dari beras ketan, ikan atau daging atau yang lainnya dan rumput
laut yang telah melalui peroses pematangan yang khusus sehingga tidak
menghilangkan vitaminnya, dibuat dengan cara meletakan ikan atau yang lainnya
diatas nasi ketan yang telahdilapisi dengan rumput laut(nori) kemudian jadilah makanan yang kami produksi
yang kami beri nama “ONIBIKU”. Onibiku adalah buah cinta dari keseriusan dan
ketekunan yang kami jalani dengan rasa kesungguhan tanpa mengenal kata menyerah
karena “ hidup adalah proses, hidup adalah belajar, tanpa ada batas umur tanpa
ada kata tua”. “ jatuh berdiri lagi , kalah mencoba lagi, gagal bangkit lagi,
NEVER GIVE UP, sampai tuhan berkata “ WAKTUNYA PULANG”.
BAB
II
ANALISA
USAHA
A.
PERSPEKTIF
USAHA
Kami percaya,apa yang kami jalani
sebagai pelakuusaha akan mendapat tempat dihati masyarakat yang tak tebatas
usia dan membuahkan hasil yang sesuai dengan harapan kami semua. Tentunya
dengancara memadukan beberapa seni dan variasi rasa yang bersahabat dengan
lidah masyarakat Indonesia, serta mengemasnya dengan menarik. Tentunya jika
semuanya terlaksana prospek kedepannya akan lebih banyak menghasilkan
pundi-pundi rupiah.
B.
ANALISA
PERSAINGAN
Sejauh kami memandang dari berbagai sudut
pandang yang berbeda, kami mempunyai pesaing-pesaing bisnis makanan yang sudah
lebih dahulu cocok dengan lidah masyarakat Indonesia seperti gorengan, pem-pek,
cakwe dan lain-lain. Selain itu harga menjadi faktor yang sangat mempengaruhi
kalangsungan produksi kami, yang notabene lebih cenderung mendapat kesan mahal
karena nama dan asal makanan tersebut .Sehingga masyarakat lebih condong
membeli makanan yang lebih Indonesia. Maka dari itu kami akan mengkonsep dan mempromosikan
makanan kami agar tidak mendapat label mahal dari masyarakat.
C.
SEGMEN
PASAR YANG DIMASUKI
Dalam hal ini kami tidak melakukan
batasan-batasan dalam menentukan target pasar yang akan kami rambah, karena
makanan kami ini adalah makanan yang cocok untuk semua kalangan baik itu mereka
para pelajar, mahasiwa ataupun para pekerja.Dengan demikian keuntungan yang
kami dapat adalah tidak terbatasnya umur dan profesi bagi usaha kami.
BAB
III
DESKRIPSI
TENTANG USAHA
A.
PRODUK YANG DIHASILKAN
Dalam
hal ini kami mengangkat usaha tentang sebuah makanan yang berasal dari luar
daerah Indonesia, yaitu Onigiri.Onigiri adalah makanan yang berasal dari daerah
Jepang. Onigiri ini kami buat atas dasar kelengkapan gizi yang tersaji dalam
sebuah makanan yang kami produksi, selain vitamin E ada juga berbagai komposisi
yang tersaji di setiap takarnya yaitu karbohidrat, protein hewani dan protein
nabati.
Dengan
demikian produksi yang kami hasilkan telah memenuhi aspek kelengkapan gizi pada
setiap takar penyajianya, oleh sebab itu kami berkeyakinan bahwa produk makanan
yang kami hasilakan akan di terima oleh para konsumen.
B.
JASA
PELAYANAN
Prusahaan yang kami dirikan mempunyai perinsip
kepuasan pelanggan adalah nialai plus bagi makanan yang kami produksi, dalam
hal ini kami menyediakan sebuah layanan garansi khusus jika terjadi ketidak
puasan dalam makanan yang kami produksi.Kami memberikan sebuah layanan
penggantian makanan jika makanan tersebut menjadi tidak layak di konsumsi atau
membahayakan bagi tubuh.
Dan kami pun menyediakan layanan pemesanan bagi
pelanggan yang berminat akan onigiri yang kami produksi tentunya dengan sarat
dan ketentuan yang berlaku. Untuk pemesanan dapat menghubungi staf kami secara
langsung atau melalui telpon seluler dengan nomor “ 083807589038” untuk
mebicarakan hal yang berkait dengan pemesanan.
C.
RUANG
LINGKUP USAHA
Mengingat makanan yang kami hasilkan adalah sebuah
makanan yang mempunyai kelas diantara makanan yang ada disekitar kita, namun
kami melakukan inovasi dengan seni dan bahan-bahan yang lebih Indonesia.Sehingga
kami mempunyai ruang lingkup yang luas dalam peroses pemasaran produk kami,
tidak hanya dikalangan mahasiswa, anak sekolah, atau khalayak umum, namun dikarenakan
kami lebih banyak beraktifitas dalam ruang lingkup mahasiswa maka kami lebih
condong memasarkan peroduk diwilayah perkampusan.
D.
PROFIL
PENGELOLA
Dalam perusahaan kami mempunyai jajaran direksi
sebagai berikut:
|
BAB
IV
RENCANA
PRODUKSI DAN PEMASARAN
A.
PROSES
PRODUKSI
Onigiri yang kami ciptakan sedikit
berbeda dengan onigiri lain karena dalam proses produksi kami menggunakan
sarung tangan plastik agar tidak bersentuhan langsung dengan nasi atau lebihhigienis. Begitu pula saat mengepalkan
nasi kami tidak mengepal dengan tangan secara langsung melainkan dengan
menggunakan alat untuk mencetak nasi tersebut.
B.
ALAT
DAN SUMBER BAHAN
Dalam proses pembuatan onigiri yang kami
produksi kami menggunakan alat-alat pribadi yang biasa digunakan untuk memasak
diantaranya :
1. Rice
cooker untuk menanak nasi
2. Panci
untuk mencuci beras
3. Kuali
untuk menumis isi onigiri
4. Sendok
untuk proses pencetakan
5. Mangkok
untuk menaruh isi onigiri
6. Nampan
untuk meletakkan hasil onigiri
Adapun sumber bahan pembuatan onigiri yang
kami produksi kami dapatkan dari berbagai suplayer yang menyediakan semua bahan
yang kami butuhkan diantaranya :
1. Minimarket
2. Agen
beras
3. Pedagang
sayur
C.
PENETAPAN
HARGA
Dalam menetapkan harga kami menetapkan
dari:
No
|
Bahan
|
Harga Satuan
(Dalam Rupiah)
|
Jumlah Beli
|
Total
(Dalam Rupiah)
|
|
1
|
Beras
|
8000/liter
|
2
|
16000
|
|
2
|
Beras
Ketan
|
12000/liter
|
1
|
12000
|
|
3
|
Nori
|
1000/bungkus
|
50
|
50000
|
|
4
|
Sarung
tangan plastik
|
8000/box
|
1
|
8000
|
|
5
|
Boncabe
|
10000/botol
|
1
|
10000
|
|
6
|
Masako
|
500/bungkus
|
6
|
3000
|
|
7
|
Cetakan
|
700/buah
|
10
|
7000
|
|
8
|
Ayam
|
24000/ekor
|
½
|
12000
|
|
9
|
Lada
|
4000/bungkus
|
1
|
4000
|
|
10
|
Aqua
gallon
|
13000/galon
|
1
|
13000
|
|
11
|
Sarden
|
10000/kaleng
|
1
|
10000
|
|
TOTAL
|
145.000
|
||||
Dengan
modal sebesar itu, kami dapat memproduksi onigiri sebanyak 150 buah onigiri.
Dengan rumusan sebagai berikut:
Ut = ( jo x hr) – mp
|
Keterangan:
Ut=untung
Hr = harga
Jo
= jumlah onigiri Mp=
modal produksi
Ut
= ( jo x hr) – mp
= ( 150 x 1500)-145.000
= (150 x 1500) – 145.000
= 225.000 – 145.000
= 80.000>>keuntungan
Untuk
itu onigiri dapat dijual dengan harga terjangkau bagi kalangan
masyarakat.Itulah kalkulasi modal yang kami cantumkan dalam pembuatan onigiri
yang kami produksi.
D.
PELAKU
DISTRIBUSI
Dalam pendistribusiannya semua anggota di
perusahaan turut serta dalam peroses pendistribusian. Agar apa yang kami rencanakan
dapat terrealisasikan dengan baik. Dan yang lebih utama agar semua dapat
merasakan apa yang di rasakan oleh bagian pemasaran sehingga mempunyai dampak
postif pada kinerja semua bagian perusahaan.
E.
PROMOSI
DAN PENGEMBANGAN PRODUK
Dalam hal ini kami selaku pemilik usaha
melakukan promosi via online dan offline untuk onigiri yang kami produksi
.untuk online dapat dilihat melalui website kami di onibiku-genjutsu@blogspot.comSementara
untuk offline kami memasarkannya langsung pada konsumen dengan slogan “
Kesuksesan Berawal Dari Perut”
Dalam
hal pengembangan produksi kami melakukan inovasi dengan memperkecil bentuk
hingga mudah di terima oleh kantong masyarakat dan dengan memperkaya variasi
rasa.
F.
MASALAH
PRODUKSI
Dalam perusahaan yang kami kelola, kami
mengalami kendala dalam segi waktu dan komposisi bahan dasar dalam pembuatan
onigiri tersebut. Dalam segi waktu kami mempunyai kendala yaitu belum sadarnya
akan tanggung jawab terhadap perusahaan, sehingga salah satu peroses produksi
mengalami hambatan yang mengganggu kelang sungan hidup perusahaan.
Belum tercapainya komposisi yang tepat untuk
membuat sebuah onigiri yang sesuai dengan bentuk yang kami harapkan.Itulah yang
menjadi kendala kami dalam peroses pembuatan onigiri.
G.
ALTERNATIF
MASALAH
Penaggulangan dalam masalah yang kami
hadapi adalah dengan penerapan system denda pada setiap anggota yang tidak
berkenan hadir tanpa alasan dalamsetiap aspek proses produksi. Hal ini kami
terapkan agar tumbuhnya rasa tanggung jawab akan perusahaan yang kami buat. Kemudian
untuk masalah komposisi bahan kami mendapat reverensi dan saran dari berbagai
pihak akan apa yang kami produksi, yaitu dengan cara menambahkan agar-agar
secukupnya dengan perbandingan beras tentunnya.
BAB V
IMPLEMENTASI
Kenyataan yang kami hadapi dalam setiap produksi dan
pemasaran adalah kurangnya minat masyarakat terhadap onigiri yang kami buat,
bahkan ada sebagian masyarakat yang belum mengenal apa itu onigiri, yang
menyebabkan hal itu adalah kurangnya pengetahuan tentang makanan luar negri
yang mendunia khususnya Onigiri.
Selain itu onigiri sudah lama menyandang lebel makana
mahal dalam masyarakat yang biasa mereka jumpai pada restaurant dan pada layar
televisi.Oleh karena itu kami sebagai pelaku usaha wajib mempersentasiakan
dahulu pada khalayak umum, tentang sebuah makan khas Jepang yang kami produksi
sebagai makanan yang bercitarasa khas dan tentunya lebih bersahabat dengan lidah
masyarkat Indonesia.Serta lebih ekonomis dari kebanyakan onigiri pada umumnya.
Setelah produksi dan pemasarannya berlangsung,
teryata apa yang kami khawatirkan tidaklah terjadi, kenapa..?? Karena fakta
yang kami jumpai pada penjualan pertama adalah
kesan baik yang mendera makanan yang kami produksi tentunya dengan
perasaan bangga dan senyum cita kami syukuri hal tersebut.
Dalam
peroses produksi yang telah berjalan kami mendapatkan fakta terhadap presentasi harga dipasaran, yang
mempunyai selilisih cukup signifikan dibanding rencana yang telah kami tetapkan
, dengan tabel sebagai berikut:
No
|
Bahan
|
Harga Satuan
(Dalam Rupiah)
|
Jumlah Beli
|
Total
(Dalam Rupiah)
|
1
|
Beras
|
8000/liter
|
3
|
24000
|
2
|
Beras
Ketan
|
12000/liter
|
1
|
12000
|
3
|
Nori
|
1000/bungkus
|
50
|
50000
|
4
|
Agar-agar
|
3000/sachet
|
2
|
6000
|
5
|
Sarung
tangan plastic
|
8000/box
|
1
|
8000
|
6
|
Boncabe
|
10000/botol
|
1
|
10000
|
7
|
Masako
|
500/bungkus
|
6
|
3000
|
8
|
Bubuk
perasa
|
36000/kg
|
¼
|
9000
|
9
|
Cetakan
|
700/buah
|
10
|
7000
|
10
|
Box
Plastik
|
150/buah
|
30
|
4500
|
11
|
Ayam
|
24000/ekor
|
½
|
12000
|
12
|
Lada
|
4000/bungkus
|
1
|
4000
|
13
|
Gas 3kg
|
15000/tabung
|
1
|
15000
|
14
|
Baso
|
5000/pack
|
1
|
5000
|
TOTAL
|
169.500
|
Dengan
modal sebesar itu, kami dapat memproduksi onigiri sebanyak 150 buah onigiri.
Dengan rumusan sebagai berikut:
Ut = ( [jo/pk] x hr)
– mp
|
Keterangan:
Ut
= untung. Jo = jumlah onigiri.
Pk
= pack.
Hr = harga
Ut
= ( [jo/pk] x hr) – mp
= ([ 150/3] x 5000)-169.500
= (50 x 5000) – 169.500
= 250.000 – 169.500
= 80.500/150 = 536 keuntungan/pcs
Untuk
itu onigiri dapat dijual dengan harga terjangkau bagi kalangan
masyarakat.Itulah kalkulasi modal yang kami cantumkan dalam pembuatan onigiri
yang kami produksi.
GRAPIK PRODUSI DAN PENJUALAN
PRODUKSI
PEMASARAN
BAB
VI
KESIMPULAN
Seiring dengan berjalannya waktu kami mendapat
kesimpulan bahwa:
setiap
produksi yang kami hasilkan wajib dilandasi atas dasar kejujuran, ketekunan,
ketulusan, cinta terhadap prduksi, komitmen dan tanggung jawab akan apa yang
telah dimulai dengan mimpi dan harapan. Sehingga apa yang kami rencanakan dapat
terwujud secara nyata tanpa aspek kebohongan dalam setiap proses
pengelolaannya.
Kami percaya setiap apa yang kami
mulai dengan positif, akan menghasilkan buah yang positif pula. Meski setiap
proses yang kami jalani tidaklah semulus dengan apa yang kami rencanakan. Namun
kami percaya dengan kesungguhan dan tangung jawab kami akan bisa melewati
setiap halangan yang datang bersama-sama tanpa mementingkan idealisme pribadi.
Secara tidak langsung proses demi proses
yang kami lalui mebuat kami lebih menjadi dewasa dalam hal pola pikir, sikap,
tangungjawab dan kerjasama team yang sangat berharga bagi kehidupan pribadi
kami. Tentunya kami sebagai manusia merasa sangat bersyukur akan apa yang telah
dianugrahkan pada kami sehingga melalui perantara tugas entrepreneur kami dapat
mengenal diri pribadi dan mengenal teman-teman dengan jalinan persaudaraan satu
dengan lainnya.
0 komentar:
Posting Komentar